Wednesday, September 23, 2009

Bagian - bagian Komputer

Komputer terdiri dari atas 2 bagian besar : Software / perangkat lunak dan hardware / perangkat keras.


Hardware

Processor, atau CPU unit yang mengolah data .

Prosesor dikenal dengan otak dari komputer. Tetapi pada kenyataannya pernyataan tersebut kurang begitu tepat. Processor hanyalah sebuah alat hitung yang tepat. Seperti penambahan, pengurangan, perkalian atau pembagian nomor. Ada dua bagian dalam sebuah prosesor yang melakukan perhitungan. Bagian pertama disebut unit integer, tugas dari unit integer adalah mengatasi nomor sederhana, seperti -5, 13, ½ dan lainnya dan tugas utamanya digunakan untuk aplikasi bisnis, seperti aplikasi Word, Spreadsheet dan Window Desktop. Dan bagian prosessor lainnya disebut Unit  Floating Point. Tugas dari Unit ini mengatasi nomor-nomor yang cukup sulit, seperti akar, pi, “e.” dan logaritma. Bagian ini biasanya digunakan dalam proses pembuatan games 3D, menghitung posisi pixel, dan gambar.



Memory RAM, tempat meyimpan data sementara.
RAM adalah chip yang dapat  menampung data, jadi hanya menampung  saja tanpa menyimpan data tersebut. RAM digunakan sebagai penghubung antara Hard Drive dan processor. Jika Processor membutuhkan data dari Hardisk, maka chipset akan mengambil data dari Hardisk dan kemudian menyimpannya pada RAM atau memori, dan kemudian processor akan dapat mengambil data tersebut dengan cepat. RAM memiliki kecepatan yang lebih dibandingkan dengan Hardisk.

Jika komputer berjalan di luar ruang RAM, hal tersebut akan menimbulkan yang namanya “Virtual RAM”. Virtual RAM adalah sebutan untuk ekstensi RAM yang ada pada sebuah hardisk. Seperti telah dijelaskan sebelumnya bahwa Hardisk memiliki kecepatan yang lebih rendah dibandingkan dengan RAM, sehingga apabila komputer mendapatkan data langsung dari hardisk, maka komputer akan berjalan dengan begitu lambat.

Hard Drive, media penyimpanan semi permanen.
Hardisk adalah perangkat metal yang biasanya ada di dalam sebuah komputer. Alasan utama dari sebuah komputer memiliki perangkan Hardisk adalah karena Hardisk merupakan satu-satunya perangkat yang bisa menyimpan data pada saat komputer tidak dalam keadaan menyala (tentunya disamping beberapa perangkat penyimpanan external lainnya).
Random Access Memory.

Perangkat masukan, media yang digunakan untuk memasukan data untuk diproses oleh CPU, seperti mouse, keyboard, dan tablet.


Perangkat keluaran, media yang digunakan untuk menampilkan hasil keluaran pemrosesan CPU, seperti monitor dan printer.


Software

Sistem operasi : Program dasar pada komputer yang menghubungkan pengguna dengan hardware komputer, seperti Linux, Windows, dan Mac OS, dll. Tugas sistem operasi termasuk (tetapi tidak hanya) mengurus penjalanan program diatasnya, koordinasi Input, Output, pemrosesan, memori serta penginstalan dan pembuangan software. 

Program komputer, Aplikasi tambahan yang diinstal sesuai dengan sistem operasinya.


To be continued...


(Artikel ini masih akan berlanjut, dengan tambahan dan detail-detail selanjutnya serta perubahan-perubahan isi demi lebih lengkapnya informasi guna referensi)

sumber :

http://ch1py.wordpress.com/2008/12/10/bagian-bagian-komputer/
http://www.anneahira.com/komputer/fungsi-komputer.htm
  


Note:
Deforestasi hutan di Indonesia termasuk yang terbesar dan mencengangkan. Bahkan, masalah ini masuk dalam daftar masalah yang perlu diperhatikan dan diatasi versi GreenPeace.

Sekarang, anda bisa ikut memanjakan bumi dan menyelamatkannya hanya dengan membuang sampah pada tempatnya dan mengurangi pemakaian plastik.


0 comments:

Post a Comment

 Subscribe in a reader

Add to Technorati Favorites