Saturday, May 01, 2010

Reduce, Reuse, dan Recycle

Reduce, Reuse, dan Recycle adalah rumusan mudah partisipasi kita untuk bumi tercinta...

Tidak perlu menjelaskan apa itu global warming, saya yakin kalian sudah mengetahuinya. Cuaca panas, Gersang, Air sulit, pandangan silau, ya itulah penjelasan mudah apa itu global warming. Yang kita lakukan sebenarnya adalah bagaimana memanjakan bumi dan menjaga lingkungan agar global warming bisa ditekan "progressnya". Saya yakin kita semua tidak ingin hal-hal buruk diatas bertambah parah (saya sendiri sangat tidak senang dengan hal-hal buruk diatas).

Solusi termudah adalah dengan 3R (Reduce, Reuse, dan Recycle)

 Reduce  Kurangi pemakaian barang-barang (dari alam).
     Apalagi kalo bukan untuk menjga kelestarian alam. "Reduce" bisa dipraktikan untuk barang/sumber yang irreversible (sangat disarankan) dan juga yang reversible. contohnya :
  • Mengurangi pemakaian plastik/stereofoam yang terurainya setelah ratusan tahun. Lebih baik lagi dengan mempopulerkan pemakaian plastik yang mudah terurai. Untuk bumiku, saya sangat mengapresiasi dan acungkan jempol saya sendiri dan jempol teman saya untuk Indomart (sebut merek, tak apa-apa) yang menggunakan plastik yang mudah terurai sebagai kantong pembungkusnya.
  • Mengurangi pemakaian bahan-bahan reversible juga diperlukan, mengapa? barangkali untuk memproduksi barang itu menggunakan sumber daya alam dalam jumlah banyak atau justru memperoleh bahannya dengan merusak alam.

     Reuse  Jangan cuma membuangnya, Reuse!
         Dengan reuse, kita telah mengurangi apa-apa saja yang terus mengotori our beloved earth.
    Contoh mudahnya :
    • Daripada membuang baju lusuh (tidak dipakai lagi) ke tempat samapah, lebih baik dipotong untuk kain pencuci perabotan atau untuk lap. Itu jauh lebih berguna daripada harus membeli kain pencuci maupun kain lap, toh sebagus-bagusnya merek, akhirnya juga hanya untuk nge-lap yang kotor-kotor. _simple mind
    • Bisa juga digunakan dalam acara-acara tertentu seperti "Hellowen Day" di Amerika atau "Karnaval" di Indonesia. Bisa buat baju ala pahlawan Indonesia yang terkesan lusuh dengan sedikit cipratan cat merah dan bersenjatakan bambu runcing. _simple mind


       Recycle  Barang baru dari barang lama (a.k.a bekas)
            Apa bedanya dengan konsep "Reuse"? Bedanya, Recycle mengubah barang lama (bekas) menjadi barang baru, sedangkan Reuse tetap menjadi barang lama (bekas) namun penggunaannya yang baru.
      Nilai plus dari Recycle:
      • Bisa menjadi sumber penghasilan dengan me-recycle barang lama menjadi barang-barang kerajinan (yang bisa dijual tentunya untuk mendapatkan penghasilan)
      • Bisa memperindah rumah kita dengan kerajian daur ulang.
      • Yang terpenting, satu langkah telah kita haturkan untuk bumi kita tercinta....!
      Reduce, Reuse, dan Recycle. Langkah kecil tapi begitu powerfull.


      ~ save our earth ~

      1 comments:

      fajree said...

      langkah kecil untuk untuk melangkah kedepan....

      Post a Comment

       Subscribe in a reader

      Add to Technorati Favorites