Thursday, September 03, 2009

Membuat tampilan Label menjadi menarik

Sebenarnya, blogger.com sendiri sudah menyediakan fitur itu, tetapi tampilannya masih berupa daftar vertical kebawah. Tentunya, untuk blog dengan banyak label, tampilan akan menjadi kurang enak untuk dipandang. Berikut berapa cara membuat label yang saya temukan :
  1. Model flash animation (blogumulus)
Model label ini adalah seperti kumpulan banyak tag yang berbentuk bola dan bis berputar ketika mouse berada di atasnya.
Contohnya bisa dilihat disini : (lihat labelnya) klik disini. Cara membuatnya bisa dilihat di sini.
Keunggulannya adalah tampilan menjadi lebih praktis dan lebih menarik.
Kelemahannya, pembaca tidak bisa melihat tag keseluruhan dan bisa-bisa, pembaca tidak menemukan tag yang dicari.

  1. Model tag wordpress

Contohnya bisa dilihat dibagian bawah blog ini. Tentunya label tersebut telah dioptimasi sehingga berbeda dari wordpress namun strukturnya sama. Cara membuatnya bisa dilihat di sini.
Keunggulannya adalah tampilan menjadi lebih praktis dan lebih menarik. Selain itu, terdapat gradasi warna (yang bisa kita ubah-ubah, jika mengerti struktur kode CSS yang digunakan) untuk tag-tagnya tergantung jumlah artikel yang terkait ke tag tersebut.
Model-model tersebut diatas bisa digunakan untuk lebih mempercantik blog anda dan agar tampilan label menjadi lebih elegan, praktis, dan enak untukdipandang.

Note:
Deforestasi hutan di Indonesia termasuk yang terbesar dan mencengangkan. Bahkan, masalah ini masuk dalam daftar masalah yang perlu diperhatikan dan diatasi versi GreenPeace.

Sekarang, anda bisa ikut memanjakan bumi dan menyelamatkannya hanya dengan membuang sampah pada tempatnya dan mengurangi pemakaian plastik.

 Subscribe in a reader

Add to Technorati Favorites